PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DAN VI SD NEGERI 2 SUDAGARAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | ANNISA TRI MARTINA, NIM. 1423305183 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5301/1/Cover%2BBab%201%2B%20Bab%205%2B%20Daftar%20Pusataka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5301/2/SKRIPSI%20ANNISA%20TRI%20M.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5301/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan siswa dalam menanggapi pelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan dalam menerima dan mengolah informasi yang berbeda-beda. Dalam matematika terdapat banyak rumus yang digunakan untuk menghitung. Suatu rumus apabila ditulis dalam bahasa verbal memerlukan kalimat yang panjang dimana banyak kata-kata yang harus digunakan, sehingga peluang terjadinya salah informasi dan salah interpretasi bisa berakibat fatal pada mereka yang mempelajarinya. Untuk terwujudnya komunikasi matematika dengan tepat, diperlukan kemampuan menerima dan mengolah informasi dalam bentuk bahasa verbal yang baik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V dan VI SD Negeri 2 Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh sebanyak 58 siswa kelas V dan VI SD Negeri 2 Sudagaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji prasyarat analisis regresi linear yang digunakan adalah uji keberartian regresi dan uji linearitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel kemampuan verbal (X) dengan variabel hasil belajar matematika (Y). Dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana yaitu nilai t hitung sebesar 6,232 dengan tingkat signifikansi/probabilitas dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara variabel kemampuan verbal (X) dengan variabel hasil belajar matematika (Y). Persamaan garis regresi dari pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika dapat dinyatakan dengan Y = 34,025 + 0,638X. Apabila kemampuan verbal (X) meningkat satu satuan, maka hasil belajar matematika (Y) akan bertambah 0,638 satuan. Besar pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 41% sedangkan sisanya 59% dipengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti.