PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MORAL KERJA GURU DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP
Main Author: | ANI NUR AFIFAH, NIM. 1123303079 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5299/1/ANI%20NUR%20AFIFAH_PERAN%20KEPEMIMPINAN%20KEPALA%20SEKOLAH%20DALAM%20MENINGKATKAN%20MORAL%20KERJA%20GURU%20DI%20SD%20ISLAM%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5299/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5299/ |
Daftar Isi:
- Sekolah Dasar Islam Plus Masyithoh Kroya memiliki ciri khas kurikulum terpadu (antara Kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan materi keagamaan yang ada dilingkungan Madrasah Ibtidaiyyah dan Pesantren). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Moral Kerja Guru di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Keacamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya peningkatan moral kerja guru. Karena guru merupakan kunci sukses sebuah pendidikan dengan adanya guru yang mempunyai moral yang baik pasti akan berpengaruh terhadap pendidikan anak. Disini peran kepemimpinan juga dibutuhkan dalam meningkatkan moral kerja guru agar peningkatan moral kerja guru berjalan dengan maksimal. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa atau kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Objek penelitian ini adalah bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan moral kerja guru di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data model penelitian Miles and Hubermant yaitu berupa data reduction, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Moral Kerja Guru di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Keacamatan Kroya Kabupaten Cilacap sudah baik dan efektif . Kepala sekolah sudah menjalankan kepemimpinannya dengan baik sesuai dengan perannya sebagai seorang pemimpin.