IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 01 KARANGGINTUNG SUMBANG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | RIZKI BAROROH, NIM 1423305167 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5290/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5290/2/RIZKI%20BAROROH_IMPLEMENTASI%20PENDEKATAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5290/ |
Daftar Isi:
- Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berfikir ilmiah. Pendekatan saintifik terdiri atas kegiatan mengamati, merumuskan pertanyaan, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena sekolah setiap proses pembelajaran yang dilakukan berusaha untuk sesuai dengan karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 yakni sesuai dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari unsur 5M. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Ibu Sri Lestari, S.Pd, selaku Kepala Sekolah, guru kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang Ibu Diah Esti Wahyuningsih, S.Pd.SD., dan siswa kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang Banyumas. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan ada 3 yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru mulai dari perencanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran sudah diterapkan dengan baik. Pada langkah perencanaan terlihat guru mempersiapkannya dengan baik mulai dari mempersiapkan media pembelajaran, sumber belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran guru sudah menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar. Kemudian pada evaluasi pembelajaranpun guru kelas V SD Negeri 01 Karanggintung Sumbang sudah melakukannya sesuai dengan peraturan pada kurikulum 2013.