UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KETERCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI MIN 1 PURBALINGGA
Main Author: | NUROINI ZAHRO, NIM. 1423303062 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5289/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5289/2/UPAYA%20SEKOLAH%20DALAM%20MENINGKATKAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5289/ |
Daftar Isi:
- Standar kompetensi lulusan adalah kriteria minimal dari beberapa kompetensi yang harus dicapai oleh setiap peserta didik agar dapat dinyatakan lulus pada suatu jenjang pendidikan tertentu. Lulusan MIN 1 Purbalingga memiliki kompetensi pengetahuan umum yang hasilnya melebihi target minimal dan pengetahuan keIslaman yaitu mampu membaca dan menghafal al-Qur’an juz 30 dan beberapa hadits sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun MIN 1 Purbalingga berupaya untuk meningkatkan pencapaian standar kompetensi lulusan pada tahun berikutnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan ketercapaian standar kompetensi lulusan dan evaluasi hasil belajar peserta didik di MIN 1 Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, koordinator kurikulum dan beberapa guru kelas. Sedangkan objek penelitiannya adalah upaya sekolah dalam meningkatkan ketercapaian standar kelulusan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan tiga langkah, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya MIN 1 Purbalingga untuk mencapai standar kelulusan tersebut dilakukan melalui fungsi pengelolaan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Keempat fungsi tersebut diterapkan pada beberapa komponen yang saling berkaitan dalam proses pembelajaran diantaranya adalah kurikulum, guru dan proses belajar mengajar. Pencapaian standar kompetensi lulusan ini dapat diperlihatkan melalui penilaian pada setiap tingkat kelas dan dibuktikan dengan pencapaian kelulusan 100% dari tahun ajaran 2015/2016 sampai tahun ajaran 2017/2018.