Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran IPA kelas IIIA di MI Ma’arif NU Kalisalak kecamatan kebasen kabupaten banyumas. Pemilihan media benda konkret yang sangat mudah dipahami siswa dan terutama dalam pembelajaran IPA . Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai penggunaan media benda konkret pada pembelajaran IPA kelas III A di MI Ma’arif NU Kalisalak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif . Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan beberapa macam media pembelajaran salah satunya media benda konkret pada pembelajaran IPA kelas IIIA di MI Ma’arif NU Kalisalak. Lokasi penelitian berada di MI Ma’arif NU Kalisalak . Objek penelitiannya yakni Penggunaan media benda konkret pada embelajaran IPA kelas IIIA. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data . Kemudiann dari data tersebut diperoleh gambaran mengenai penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran IPA kelas IIIA di MI Ma’arif NU kalisalak. Penggunaan media benda konkret dibagi menjadi beberapa tahapan perencaaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencaan berisi mengenai materi yang akan diajarkan diajarkan serta media yang digunakan kemudaian tahap pelaksanan ini berisi proses terjadinya sebuah pembelajara, dan yang terakhir evaluasi digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa.