PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN QOWA’ID (NAHWU DAN SHARAF) DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: SITI NUROHMAH, NIM. 1123302061
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5267/1/JUDUL_BAB%20I_%20BAB%20V_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5267/2/SKRIPSI%20FULL%20SITI%20NUROHMAH.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5267/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan metode amtsilati yang digunakan dalam pembelajaran qowa’id (nahwu dan sharaf) di Pondok Pesantren Al-Qur’an AlAmin Pabuwaran Purwokerto dengan tujuan utama dari penulisan skripsi ini adalah terdiri dari tiga hal yaitu mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id, mendeskripsikan pelaksanaan metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id dan mendeskripsikan evaluasi metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh ustadzah amtsilati, dan santri putri kelas satu Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto secara langsung dengan pengamatan penulis. Adapun objek penelitian ini adalah penggunaan metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id (nahwu da sharaf) di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk memperoleh informasi dan data-data yang terkait dengan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Perencanaan sebelum melakukan proses pembelajaran adalah menentukan materi pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran dan menentukan metode pembelajaran, agar tercapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Pelaksananaan pembelajaran adalah dengan melaksanakan teknik pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran qowa’id (nahwu dan sharaf) yaitu dengan memberikan materi, pembacaan contoh serta pembahasan contoh yang terdapat dalam kitab amtsilati. (3) Evaluasi pembelajaran merupakan bentuk tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan santri tentang materi pelajaran yang sudah di pelajari. Evaluasi ini terdiri dari 2 bentuk yaitu tes lisan dan tes tulis. Evaluasi dilakukan diakhir pembelajaran yaitu setelah materi pelajaran selesai disampaikan dan setelah santri menyelesaikan satu jilid kitab amtsilati.