Daftar Isi:
  • Bahasa Adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia baik secara lisan maupun tulisan. Pada suatu proses pembelajaran, guru dan siswa akan mengalami suatu problem atau permasalahan. Permasalahan tersebut berasal dari internal maupun eksternal. Salah satu permasalahan yang dialami pada proses belajar mengajar adalah pembelajaran bahasa Arab yang masih sulit untuk mengatasinya. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah apa saja problematika yang dihadapi oleh siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kembaran khususnya pada pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisi data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kembaran. Hasil penelitian ini yaitu adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa saat pembelajaran bahasa Arab berlangsung khususnya kemahiran menulis. Problem yang dialami siswa yaitu kurangnya spasi antar baris pada tulisan siswa, tulisan siswa tidak berenggang antar kata sehingga sulit untuk dibaca, siswa keliru saat menulis huruf yang bersambung, siswa sulit menulis huruf hijaiyah yang diucapkan oleh guru sebab tempat keluarnya huruf hijaiyah tersebut sama jadi menghasilkan bunyi yang hampir sama dan sebagian siswa belum hafal huruf hijaiyah, Kurang lancar membaca dan menguasai mufrodat, sehingga dalam menulis kurang teratur, siswa masih kesulitan untuk membuat kalimat sempurna tanpa melihat buku paket karena siswa belum bisa membedakan isim, fi’il, mubtada, khabar dan lain sebagainya, kebanyakan siswa lulusan dari SD, kurang minat dan motivasi untuk belajar bahasa Arab.