PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH KEMBARAN WETAN KALIGONDANG PURBALINGGA
Main Author: | DWI CAHYO, NIM 1323310029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5197/1/Cover_bab%201_bab%205_daftar%20pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5197/2/PENGGUNAAN%20MEDIA%20TIGA%20DIMENSI%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5197/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memberikan alat alat bantu mengajar tersebut secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilan dari suatu pembelajaran tidak lepas dari namanya media, dalam menentukan suatu media maka harus sesuai dengan tujuan belajar serta materi pembelajaran. Media yang digunakan adalah media tiga dimensi atau media asli dan lain sebagainya. Penggunaan media perlu adanya evaluasi media. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media tiga dimensi dalam pembelajaran Matematika kelas III di MI Muhammadiyah Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sedangkan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul maka dilanjutkan menganalisis data yaitu dilakukan sebelum di lapangan dan sesudah dilapangan. Hasil dari peneleti ini, penenliti mengetahui penggunaan media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika kelas III di MI Muhammadiyah Kembaran Wetan kecamatan Kaligondang kabupaten Purbalingga, yaitu pertama, guru menyiapkan materi pembelajaran matematika tentang keliling persegi dengan menggunakan media tiga dimensi ( kardus). kedua guru memegang media tiga dimensi berupa kardus yang di perlihatkan kepada peserta didik agar mudah di lihat dan mudah di pahami sehingga akan menghasilkan tujuan pembelajaranpun tercapai. Ketiga penyajian, dalam penyajian data guru dalam pembelajaran matematika memilih media tiga dimensi menggunakan kardus yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran.keempat, guru melakukan tanya jawab mengenai materi yang sedang di ajarkan melalui media tiga dimensi.