OPTIMALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: KHOEROTUL MAHMUDAH, NIM. 1423311052
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5192/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5192/2/KHOEROTUL%20MAHMUDAH_OPTIMALISASI%20KECERDASAN%20VERBAL%20LINGUISTIK%20ANAK%20USIA%20DINI%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20ME.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5192/
Daftar Isi:
  • Kecerdasan verbal linguistik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Untuk mengoptimalkan kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran guru TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu menggunakan media audio visual berupa LCD. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui optimalisasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini dalam pembelajaran menggunakan media audio visual di TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan optimalisasi kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran melalui media audio visual di TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif. Teknika pengumpulan data yang dignakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data dispay), dan kesimpulan (conclution). Hasil penelitian dari optimalisasi kecerdasan verbal linguistik dalam pembelajaran melalui media audio visual di TK Islam Ta’allumul Huda Bumiayu, yaitu pada pembelajaran materi tanah airku dan alam semesta guru memutar lagu anak-anak, film-film pendek dan kisah teladan dari para nabi dan rasul. Proses pembelajaranya diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. penilaian digunakan untuk menentukan keberhasilan dari media yang digunakan dan untuk mengetahui efektifitas media dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaanya, guru menyiapkan media yang akan digunakan yaitu laptop, LCD, spekear, dan video yang akan ditampilkan. Dengan perencanaaan yang guru buat, maka semua indikator pencapaian perkembangan bahasa dapat berkembang sesuai dengan tingkat perkembanganya.