Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai hubungan kompetensi guru PAUD dengan manajemen kelas di TK Kelurahan Sokanegara, Penulis tertarik meneliti permasalahan ini karena pengelolaan kelas sangat erat hubungannya dengan kegiatan pembelajaran, namun keduanya dapat dibedakan atas dasar tujuannya. Pembelajaran merupakan kegiatan yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pembelajaran. Sedangkan pengelolaan kelas yaitu kegiatan-kegiatan menciptakan, mempertahankan, dan mengembalikan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses pembelajaran kedua hal tersebut sangat tergantung pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi guru dengan manajemen kelas, hasil penghitungan kolerasi diperoleh angka sebesar 0,617. Apabila hasil tersebut diinterpretasikan dengan pedoman untuk memberikan interpretasi koefisien korelasi, angka 0,617 berada diantara 0,60 – 0,799 maka korelasi tersebut temasuk kategori kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dengan manajemen kelas memiliki hubungan yang kuat. Semakin tinggi kompetensi guru, maka semakin tinggi dan baik pula kemampuan guru dalam memanajemen kelas, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian maka hipotesis nihil yang berbunyi bahwa tidak ada hubungan antara kompetensi guru dengan manajemen kelas di TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto ditolak. Sedangkan hipotesis kerja yang berbunyi terdapat hubungan antara kompetensi guru dengan manajemen kelas di TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto diterima.