PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH PAGUYANGAN BREBES
Main Author: | Rizky Nazia Muhandis, NIM. 1617651022 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5140/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5140/2/RIZKY%20NAZIA%20MUHANDIS_PENGARUH%20KEPEMIMPINAN%20KEPALA%20SEKOLAH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5140/ |
Daftar Isi:
- Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, guru yang utama dan pertama. Penanggung jawab keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas adalah guru. Pemberdayaan terhadap profesionalisme guru perlu dilakukan secara terus menerus, dan berkelanjutan. Dalam tesis ini mengupas beberapa variabel yang berpengaruh terhadap profesionalisme guru berupa kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja guru, dan motivasi kerja guru. Tujuan tesis ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh tiga variabel bebas yang meliputi kepemimpinan kepala sekolah, budaya dan motivasi kerja guru, terhadap profesionalisme guru di Sekolah Muhammadiyah Paguyangan, Brebes. Penelitian tesis ini diharapkan bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu kebijakan dan membuat inovasi di bidang manajerial pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru, yang kemudian diberikan beberapa pernyataan dalam bentuk angket. Nilai skor angket itulah yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi linear. Dengan analisis regresi linear dapat diketahui seberapa besar pengaruh masing-masing variabel baik secara parsial, maupun secara simultan. Kesimpulan yang didapatkan meliputi: (1) kepemimpinan kepala sekolah secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (2) Budaya kerja berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (3) motivasi kerja guru tidak berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (4) kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja guru secara simultan berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (5) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara simultan tidak berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru, (6) budaya dan motivasi kerja guru secara simultan berpengaruh terhadap profesionalisme guru, (7) kepemimpinan kepala sekolah, budaya dan motivasi kerja guru secara simultan berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru.