PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) HARAPAN BUNDA KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Aprilia Widi Puspita, NIM. 1617651002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5139/1/APRILIA%20WIDI%20PUSPITA_PENGEMBANGAN%20KURIKULUM%20BERBASIS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5139/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5139/
Daftar Isi:
  • Howard Gardner menyatakan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Semua anak itu cerdas, sesuai dengan bakat dan minatnya. Kecerdasan-kecerdasan itu antara lain: cerdas bahasa, cerdas logika-matematika, cerdas bermusik, cerdas bersosial, dan sebagainya. Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab bagi guru, orang tua dan masyarakat untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan anak. Dari sinilah, diperlukan upaya untuk mengembangkan kecerdasan anak yang beragam, sehingga kelak ia akan menemukan jati dirinya sebagai manusia yang menghargai setiap perbedaan kecerdasan dan potensi lainnya satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Pengembangan Kurikulum Berbasis Multiple Intelligences di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan Pengembangan Kurikulum Berbasis Multiple Intelligences di SDIT Harapan Bunda Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala SDIT Harapan Bunda Pruwokerto, Waka Kurikulum, Tim Multiple Intelligences dan guru ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari peneltian Pengembangan Kurikulum Berbasis Multiple Intelligences di SDIT Harapan Bunda Purwokerto menunjukan bahwa: 1) Perencanaan sudah dilaksanakan berupa pelaksanaan rapat kerja tahunan, membahas tentang perumusan kurikulum meliputi tujuan pendidikan, pengalaman belajar siswa, organisasi bahan kurikulum dalam kegiatan belajar dan evaluasi kurikulum. 2) Pengorganisasian telah dirumuskan dalam pembuatan struktur organisasi sekolah dan struktur organisasi tim multiple intelligences untuk menunjukan garis komando dan tanggungjawab masing-masing. 3) Penggerakan sudah dilaksanakan dengan pengembangan RPP berbasis multiple intelligences dengan memasukkan 2-3 strategi pembelajaran agar memaksimalkan kecerdasan para siswa. Rapat dewan guru setiap akhir pekan untuk memberikan evaluasi, rekomendasi dan motivasi bagi guru dalam mengajar. 4) Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan tim supervisi guna mengevaluasi proses pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh tim pengembang kurikulum. Tim supervisi dipimpin oleh kepala sekolah sendiri dan dibantu oleh waka kurikulum dan waka kesiswaan di SDIT Harapan Bunda.