KETRAMPILAN GURU MEMBIMBING DISKUSI PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BOJONGSANA KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | DESI FATMAWATI, NIM. 1423305054 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5127/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5127/2/DESI%20FATMAWATI_KETRAMPILAN%20GURU%20MEMBIMBING%20DISKUSI%20PADA%20TEMA%20BERBAGAI%20PEKERJAAN%20KELAS%20IV%20MADRASAH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5127/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik adalah penyediaan waktu yang kurang dan apa yang didapat oleh siswa kurang maksimal apabila hanya mengandalkan apa yang disampaikan oleh guru. MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga yang bertempatan didusun Bojongsana diharapkan menjadi salah satu sekolah yang maju dan dapat menambah dan memperluas pengetahuan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan ketrampilan guru membimbing diskusi dikelas saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana cara pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan diskusi yang dibimbing oleh guru yang dilakukan dikelas saat proses pembelajaran berlangsung di MI Muhammadiyah Bojongsana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana guru membimbing diskusi pada tema berbagai pekerjaan pada pembelajaran tematik dikelas pada saat pembelajaran berlangsung di MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber data yaitu: Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Bojongsana, Guru Kelas, Guru Mapel, dan Siswa Kelas IV. Untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mereduksi data, data display dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ketrampilan guru membimbing diskusi pada tema berbagai pekerjaan kelas IV di MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga dilakukan dengan empat tahap pertama, konsep pembelajaran, kedua, ketrampilan guru membimbing diskusi, ketiga, pengertian kurikulum 2013, keempat, evaluasi pembelajaran tematik meliputi, tes tertulis yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran.