PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK MELALUI KEGIATAN ESKTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI MA’ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: LANJAR KURNIASIH, NIM 1423305066
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5109/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5109/2/LANJAR%20KURNIASIH_PENGEMBANGAN%20KECERDASAN%20MAJEMUK%20MELALUI%20KEGIATAN%20ESKTRAKURIKULER%20KEPRAMUKAAN%20DI%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5109/
Daftar Isi:
  • Setiap anak terlahir dengan memiliki lebih dari satu kecerdasan yang dimilikinya dan semua itu perlu dikembangkan agar dapat tumbuh dengan baik. Proses pengembangan kecerdasan tersebut dapat dilakukan melalui orang lain maupun dirinya sendiri dengan berbagai kecerdasan yang mereka miliki. Seperti: kecerdasan lingistik/bahasa, kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan naturalis. Karena seseorang dikatakan cerdas bila ia dapat memecahkan masalah yang dihadapi dalam hidupnya dan mampu menghasilkan sesuatu yang berguna bagi umat manusia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis pengembangan kecerdasan majemuk melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di MI Ma’arif NU Kedungwringin kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait pengembangan kecerdasan majemuk melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Objek dalam penelitian ini adalah terkait pengembangan kecerdasan majemuk melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di MI Ma’arif NU Kedungwringin kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina Pramuka, guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan majemuk di MI Ma’arif NU Kedungwringin dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dapat dikembangkan melalui 8 kecerdasan yaitu, kecerdasan linguistik/bahasa, kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan naturalis.