ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, WORD OF MOUTH, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto)

Main Author: SRI WAHYUNI, NIM. 1323205029
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5105/1/Analisis%20Pengertian%20Kualitas%20Produk%2C%20Word%20Of%20Mouth%2C%20dan%20Harga%20Terhadap%20Keputusan%20Pembelian%20Smartp.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5105/2/COVER-BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5105/
Daftar Isi:
  • Di Indonesia terdapat beberapa merek smartphone yang dikenal oleh masyarakat. Salah satunya yaitu Xiaomi. Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing. Didirikan pada tahun 2010. Kotler dan Amstrong menyatakan bahwa kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melakukan fungsi-fungsinya yang meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan, operasi dan perbaikan serta atribut lainnya. Menurut Ali Hasan Word of mouth menjadi media yang paling kuat dalam mengkomunikasikan produk atau jasa kepada dua orang atau lebih, karena pada hakekatnya manusia lebih tertarik pada produk yang sudah dibeli oleh seseorang teman. Menurut Sudaryono, harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui kolerasi rank spearman dan analisis regresi ordinal dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan analisis kolerasi rank spearman disimpulkan bahwa kualitas produk, word of mouth, dan harga secara parsial memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto. Hasil analisis dengan menggunakan regresi ordinal pada tabel Model Fitting Information menunjukan bahwa ketiga variabel independen yaitu kualitas produk, word of mouth, dan harga secara bersama-sama memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto.