KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MTs SEWILAYAH BOBOTSARI PURBALINGGA
Main Author: | SOLEHAH, NIM : 1423302077 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5102/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5102/2/SOLEHAH_KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU%20BAHASA%20ARAB%20DI%20MTs%20SEWILAYAH%20BOBOTSARI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5102/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik dimiliki oleh seorang guru bahasa Arab. Dikarenakan guru bahasa Arab selain mengajarkan materi bahasa Arab, juga harus mampu mengelola pembelajaran peserta didik. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab yang ada di MTs sewilayah Bobotsari Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian field reaserch, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab di MTs sewilayah Bobotsari Purbalingga yang berjumlah lima orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kompetensi pedagogik guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif seperti penyajian data, analisis data dan kesimpulan data. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MTs sewilayah Bobotsari Purbalingga sudah sesuai dengan indikator yang ada pada kompetensi pedagogik. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang bisa mencapai nilai diatas rata-rata.