PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUDIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA
Main Author: | TASBIHATUN NI’MAH, NIM. 1423305084 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5096/1/JUDUL_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5096/2/SKRIPSI%20FULL%20TASBIHATUN%20NI%E2%80%99MAH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5096/ |
Daftar Isi:
- Menguasai bahasa lain selain bahasa ibu atau Bahasa nasional pada era globalisasi sekarang ini sudah menjadi sebuah keharusan. Bahasa yang kedua ini Bahasa sebagai pengantar di sekolah maupun bahasa yang dipelajari sebagai salah satu mata pelajaran disekolahan. Kemajuan siswa dalam belajar dimana siswa menunjukkan prestasinya dakam prestasi belajar siswa, dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu internal dan eksternal. Salah satu eksternal adalah sekolah, dengan fasilitas sekolah, kualitas guru, dll. Guru harus bisa memilih media yang tepat untuk membantunya ketika proses belajar, salah satunya media audio, media yang berkaitan dengan pendengaran. Media ini membantu para peserta didik agar dapat berfikir dengan baik, menumbuhkan daya ingat serta mempertajam pendengaran, karena dengan mendengarkan melibatkan empat unsur mendengar, memperhatikan, memahami, mengingat. Ketepatan dalam pemilihan media oleh guru akan mendorong siswa untuk mencapai prestasi belajar yang diharapkan. Oleh karena itu peneliti ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media audio terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Inggris dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh media audio terhadap prestasi siswa mata pelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survey dan teknik analisis statistik regresi linier sederhana. Pengumpulan data diperoleh melalui angket media audio dan dokumentasi berupa rekapan nilai ulangan dan penilaian tengah semester untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Adapun tempat penelitiannya di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan nilai rata-rata pemanfaatan media audio 53,12, dan prestasi belajar rata-rata 93,70, dalam kategori sangat baik. Dari hasil analisis statistik regresi linier sederhana tentang pengaruh media audio terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Inggris didapatkan persamaan regresinya Y = 69,04 + 0,46X, ditujukkan dengan uji keberartian maka didapat Fhitung > Ftabel atau 14 > 4,16 > 7,53 artinya regresi berarti dan tingkat signifikansinya 0,001 < 0,05 < 0,01 artinya regresi liniear. Artinya ada pengaruh media audio terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Inggris MI Darul Hikmah Bantarsoka. Koefisien determinasi atau R-square menunjukkan nilai sebesar 0,309 ini berarti 30,9% prestasi belajar siswa di pengaruhi media audio dan 69,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X.