STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RMX (ROSSY MOTOCROSS) SHOP PURWOKERTO
Main Author: | SUSANTO, NIM. 1423203077 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5081/1/JUDUL_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5081/2/SKRIPSI%20FULL%20SUSANTO.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5081/ |
Daftar Isi:
- Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat dipisahkan dari interaksi dan komunikasi. Keberadaan kemajuan teknologi membantu masyarakat dalam berkomunikasi. Salah satunya adalah komunikasi melalui media sosial. Di era ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial, karena media sosial dapat diakses siapapun tanpa batasan ruang dan waktu. Oleh karena itu, banyak pebisnis atau perusahaan menggunakan media sosial sebagai sarana dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran yang sangat efektif dan langsung tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial dalam meningkatkan penjualan pada RMX (Rossy Motocross) Shop Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial, RMX Shop menerapkan strategi pesan dan strategi media sesuai dengan teori Mahmud Machfoedz dalam bukunya Komunikasi Pemasaran Modern. Pada strategi pesan, sebelum isi dan bentuk pesan didesain, RMX Shop menetapkan segmen pasar terlebih dahulu. Segmen sasaran RMX Shop adalah laki-laki maupun perempuan, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa dan dari berbagai wilayah yang memiliki hobi menggunakan motor trail. Pembuatan pesan pada komunikasi pemasaran RMX Shop dilakukan dalam bentuk caption atau keterangan pada foto produk. Setiap foto yang diposting pada akun media sosial RMX shop selalu disertai dengan caption sebagai isi komunikasi yang mendeskripsikan informasi produk. Selain itu, penggunaan hashtag atau tagar foto juga dapat mengarahkan pembeli untuk mengunjungi akun media sosial RMX Shop saat melakukan pencarian produk menggunakan hashtag.