IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV B MI MA’ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: NI’MATUL ULUM, NIM. 1423305205
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5078/1/JUDUL_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5078/2/SKRPSI%20FULL%20NI%E2%80%99MATUL%20ULUM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5078/
Daftar Isi:
  • Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pembaharu dari kurikulum KTSP, dalam pembaharuan ini juga terdapat kurikulum revisi, dimana pembelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang tidak integratife dengan pembelajaran yang lainnya. Matematika merupakan ilmu logika yang mengajarkan tentang menghitung angka dan simbol, dalam pembelajaran Matematika juga masih tetap menggunakan pendekatan saintifik, dimana seorang peserta didik akan menggali serta mandiri dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan dengan menggunakan pendekatan saintifik, media atau sarana yang ada dan dengan waktu yang ada serta materi yang telah disiapkan. Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Matematika terdapat tiga langkah kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika kelas IV B di MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan, Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan meliputi tiga tahap kegiatan yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di kelas IV B MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan menerapkan kurikulum 2013 terbaru yaitu mata pelajaran Matematika tidak terintegratif adapun kegiatannya meliputi perencanaan, pelaksanaan dengan menggunakan pendekatan Saintifik,dan penilaian autentik. Kegiatan yang dilakukan oleh Nur Hidayati, S.Pd.I, dalam beberapa pertemuan dengan menerapkan pendekatan Saintifik sudah berpedoman pada teori yang ada dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Serta menggunakan penilaian autentik dalam mengolah hasil dari proses pembelajaran.