ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TAS PERSPEKTIF SYARIAH MARKETING (Studi kasus Pada Home Industry Villa Tas Jaya Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah)

Main Author: MOHAMAD GALIH SAPUTRA, NIM. 1423203062
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5063/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5063/2/MOHAMAD%20GALIH%20SAPUTRA_ANALISIS%20STRATEGI%20PEMASARAN%20%20PRODUK%20TAS%20PERSPEKTIF%20SYARIAH%20MARKETING.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5063/
Daftar Isi:
  • Era globalisasi menunjukan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan. Untuk mempertahankan pangsa pasar dalam persaingan yang semakin ketat, pelaku pasar harus pintar-pintar dalam memilih strategi pemasaranya. Strategi pemasaran merupakan suatu proses yang mampu menghantarkan organisasi/perusahaan pada peluang pasar yang besar untuk meningkatkan penjualan dan meraih keunggulan yang diharapkan. Strategi pemasaran juga merupakan alat yang penting agar perusahaan mampu memenangkan persaingan. Tujuan pemasaran adalah melakukan transaksi, melayani, memenuhi kebutuhan, dan keinginan untuk memuaskan konsumen.Dan mengetahui atau memahami para pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan cocok dengan pelanggan atau konsumen. Sedangkan fungsi pemasaran adalah pengembangan produk jika produk yang telah beredar mengalami penurunan maka untuk menghindari hal tersebut perlu menambahkan fungsi produk sesuai perkembangan bisnis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di home industry Villa Tas Jaya Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Adapun data primer diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementra itu, data sekunder diperoleh dari selain sumber primer baik berupa buku, jurnal maupun internet. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penyimpulan data serta menggunakan analisios SWOT untuk mengetahui strategi yang cocok diterapkan di home industry Villa Tas Jaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada home industry Villa Tas Jaya dengan menggunakan unsur utama dalam pemasaran yaitu, segmentasi, targeting dan positioning serta menggunakan bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Berdasarkan analisis internal dan eksternal yang dilakukan melalui analisi SWOT strategi utama home Industry Villa Tas Jaya adalah Strategi growth yang mana home Industry Villa Tas Jaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya pada produknya..Lalu perusahaan telah memenuhi karakter dan paradigma pemasaran syariah dengan memenangkan mind share yaitu segmentasi, targeting dan positioning, market share yaitu marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari 4 unsur utama diantaranya product, price, place, dan promotion, hard share yaitu value atau nilai dari suatu produk. Serta mengedepankan 4 prinsip utama dalam pemasaran Syariah yaitu teistis (rabaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realita (al-waqi’iyyah), dan humanis (al-insaniyyah).