Daftar Isi:
  • Dalam memberikan keterampilan belajar, lembaga pendidikan perlu menyediakan, mengembangkan serta memanfaatkan aneka sumber pembelajaran mulai dari yang sederhana sampai yang berbasis teknologi maju serta memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik belajar sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajarnya. Dengan demikian diharapkan proses belajar dan membelajarkan menjadi menggairahkan, kreatif, inofatif, dan membelajarkan. Serta TIK yang terus menerus berkembang. Seperti yang dilakukan oleh MTs Salafiyah kalimas, mereka yang memiliki strategi dalam pengelolaan atau manajemen sehingga pembelajaran tidak hanya mengandalkan terhadap apa yang ada didalam kelas tetapi harus mampu dan mau berbagai sumber pembelajaran yang dilakukan.manajemen strategik adalah pada itinya memilih strategi alternatif strategi yang terbaik bagi madrasah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen strategik pemanfaata sumber pembelajaran dalam peningkatan penyelenggaraan pendidikan di MTs Salafiyah Kalimas dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Dalam menganalisis data teknik yang penulis lakukan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari kepala MTs Salafiyah Kalimas, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, kepala bagian perpustakaan dan kepala bagian laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemanfaatan sumber pembelajaran di MTs Salafiyah sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan beberapa pencapaian prestasi terhadap perpustakaan dan laboratorium MTs Salafiyah Kalimas yang sudah berstandar ADP (Asia Development Plan). Kemudian tahapan selanjutnya MTs Salafiyah Kalimas dalam pemanfaatan sumber pembelajaran ada tiga tahap dimulai dari Formulasi Strategi, Implementasi Strategi, dan Evaluasi Strategi.