Daftar Isi:
  • Seorang guru dituntut untuk kreatif dalam mengajarkan suatu materi pelajaran. Seperti menggunakan beberapa model dan strategi pembelajaran untuk membantu seorang guru dalam proses belajar mengajar. Kondisi belajar ini akan mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu metode mengajar seorang guru. Metode mengajar guru yang kurang baik akan mempengaruhi belajar siswa yang tidak baik pula. Metode mengajar yang kurang baik itu dapat terjadi misalnya karena guru kurang persiapan dan menguasai bahan pelajaran, atau sikap guru terhadap siswa atau terhadap mata pelajaran itu sendiri kurang baik, sehingga siswa kurang senang terhadap pelajarannya atau gurunya. Tujuan dari penulis ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode giving question and getting answer pada pembelajaran bahasa Inggris kelas V di MI Ma’arif NU Batuanten kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas. penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang metode giving question and getting answer pada pembelajaran bahasa Inggris kelas V di MI Ma’arif NU Batuanten kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sebagian besar sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan penggunaan metode giving question and getting answer di MI Ma’arif NU Batuanten meliputi kegiatan penyusunan RPP dan media sebelum pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran metode giving question and getting answer. Hal ini menunjukkan bahwa MI Ma’arif NU Batuanten telah berhasil menerapkan metode giving question and getting answer untuk menjadikan siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.