PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENANAMAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | DEVI, DWI WAHYUNI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/498/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/498/2/DEVI%20DWI%20WAHYUNI_PENDIDIKAN%20KARAKTER%20MELALUI%20%20%20PENANAMAN%20SIKAP%20PEDULI%20LINGKUNGAN%20%20%20PADA%20SISWA%20SMP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/498/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter sangat penting bagi siswa agar lahir kesadaran bersama untuk membangun karakter generasi muda bangsa yang kokoh. Sehingga, mereka tidak terombang-ambing oleh modernisasi yang menjanjikan kenikmatan sesaat serta mengorbankan kenikmatan masa depan yang panjang dan abadi. Salah satu karakter yang tidak kalah penting untuk di tanamakan pada diri peserta didik sejak dini ialah sikap peduli terhadap lingkungan. Lingkungan seharusnya dipahami sebagai faktor penting dalam membentuk karakter para siswa, karena betapa besarnya peran lingkungan dalam membentuk perilaku seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Proses Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP N 1 Rawalo, Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas?”. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai penanaman sikap peduli lingkungan pada siswa di SMP N 1 Rawalo. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penanaman sikap peduli lingkungan pada siswa SMP N 1 Rawalo dilakukan melalui beberapa metode, yaitu metode keteladanan, metode pengajaran, metode pembiasaan dan pengondisian. Adanya berbagai metode ini berasal dari arahan kepala sekolah yang diberikan kepada guru dalam rangka menanamkan sikap peduli lingkungan pada siswa. Selain itu, karena background sekolah yang merupakan sekolah adiwiyata, maka sekolah secara resmi membentuk berbagai program dengan basis pelestarian lingkungan hidup untuk mendukung terlaksananya pendidikan karakter melalui penanaman sikap peduli lingkungan tersebut.