PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL - QUR AN BAGI SANTRI DI MADRASAH QUR’ANIYAH AL-HADI (MQA) PONDOK PESANTRENAL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO
Main Author: | Ghufron, NIM. 1423301095 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4974/1/COVER_BAB%20%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4974/2/GHUFRON_PENERAPAN%20METODE%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20DAN%20MENGHAFAL%20AL-QURA%E2%80%99N%20BAGI%20SANTRI%20DI%20MADRASAH%20QUR%E2%80%99ANIYAH%20AL-HADI%20%28MQA%29%20PO~1.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4974/ |
Daftar Isi:
- Program pembelajaran membaca dan menghafal Al - Qur a> n adalah program pembelajaran untuk belajar cara membaca dan menghafal Al - Qur a> n dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Dimana murid yang mengikuti pembelajaran tersebut adalah seluruh santri Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto di mana penelitian ini dilakukan dan terkhusus untuk santri baru, penelitian ini akan mengkaji tentang bagaimana Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al - Qur a> n Bagi Santri Baru di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi (MQA) Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al - Qur a> n bagi Santri Baru di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi (MQA) Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Adapun teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis dan keabsahan data yang peneliti pakai yaitu menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian setelah diolah peneliti tentang penerapan metode pembelajaran membaca dan menghafal Al - Qur a> n di Madrasah Qur’aniyah Al-Hadi Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto dapat disimpulkan bahwa pembelajan di MQA menggunakan beberapa metode pengajaran Al - Qur a> n yaitu metode mu s}a f a h}a h , talaqqi , sorogan, dan metode dengan cara guru membaca dan ditirukan oleh murid pembelajaran ini dilakukan dengan teratur dan terprogram. Sehingga peserta didik dapat mengerti dan memahami materi membaca dan menghafal Al - Qur a> n dengan baik sesuai dengan target yang telah ditetapkan.