PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 1 KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | RENI RIANTIK, NIM: 1423301311 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4970/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4970/2/RENI%20RIANTIK_PEMBELAJARAN%20BACA%20TULIS%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20SMP%20NEGERI%201%20KALIBAGOR%20KABUPATEN%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4970/ http://lib.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an merupakan pembelajaran sebagai salah satu upaya pendidikan dasar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Pembelajaran tersebut meliputi belajar mendengarkan bacaan Al-Qur’an, menirukan, mengenal symbol tulisan Al-Qur’an, dan belajar membaca serta melafalkan simbol bacaan tersebut dengan dipraktekkan secara langsung dalam proses pembelajaran dalam suatu rangkaian yang dirancang sebagai aktivitas belajar membaca Al-Qur’an, guna menciptakan peserta didik yang berkualitas dan menjadikan potensi peserta didik sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang Qur’ani. Penelitian ini bertujuan Untuk mendiskripsikan bagaimana pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Kalibagor. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan mengenai pembelajaran baca tulis Al-Qur'an di kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Kalibagor. Objek dalam penelitian ini yaitu pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru pengampu baca tulis Al-Qur’an sekaligus guru PAI, dan Siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Kalibagor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan 3 tahapantara lain : Pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Iqra’ di SMP Negeri 1 Kalibagor dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 14.30-15.20 WIB yang wajib diikuti oleh siswa kelas VII, VIII, dan IX yang belum bisa membaca Al-Qur’an, tetapi peneliti hanya meneliti kelas VII dan VIII. Pembelajaran ini merupakan pembelajaran diluar jam pelajaran dan termasuk dalam kegiatan ekstrakurikuler.Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Kalibagor meliputi pendahuluan, kegiatan inti/ pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pendahuluan meliputi mempersiapkan dan mengkondisikan siswa kemudian dilanjutkan dengan membaca do’a bersama-sama dan membaca beberapa suratan pendek. Pada kegiatan inti siswa membaca Iqra’ kepada guru pengampu sesuai dengan jilidnya masing-masing, dalam pelaksanaanya menggunakan media pembelajaran berupa buku Iqra’, buku prestasi siswa, serta buku tulis siswa. Evaluasi yang digunakan ada 3 tahap, yaitu tahap Evaluasi pemilihan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa kelas VII, Evaluasi Formatif, dan Evaluasi Sumatif. Dari evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Iqra’ mampu membantu siswa dalam belajar baca tulis Al-Qur’an dan disimpulkan bahwa pembelajaran baca tulis Al-Qur’an SMP Negeri 1 Kalibagor berjalan dengan baik.