Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Tujuan pendidikan karakter yaitu untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter atau akhlak mulia peserta didik yang utuh, terpadu, seimbang, sesuai dengan kompetensi lulusan. Maka dari itu guru dituntut untuk sebisa mungkin menciptakan karakter yang baik kepada siswanya, agar siswa-siswanya menjadi siswa yang berpendidikan dan mempunyai karakter yang baik. Penulis mengambil judul tentang Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial dalam Pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Judul ini penulis susun karena sekolah ini baik dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, khususnya pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan menggunakan pendekatan data kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Guru kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Adapun objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V SD N 2 Rejasari Purwokerto Kabupaten Banyumas adalah: Implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial yang di sekolah sudah berjalan dengan baik. Bukan hanya pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial saja, tetapi pendidikan karakter yang lainnya juga berjalan dengan baik. Hasilnyapun siswa menjadi mempunyai karakter yang baik dalam tingkah lakunya sehari-hari. Tahap atau langkah pelaksanaan dalam implementasi pendidikan karakter disiplin dan peduli sosial dalam pembelajaran kelas V yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.