PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM ASRAMA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO
Main Author: | ABDUL ROZAK, NIM. 1423301033 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4961/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4961/2/PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20RELIGIUS%20SISWA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4961/ |
Daftar Isi:
- Saat ini Indonesia memerlukan suber daya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Idealnya lulusan satuan pendidikan memiliki kompetensi sikap yang meliputi sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan (berilmu), dan keterampilan (cakap dan kreatif). Maka dari itu pembangunan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan aspek intelektual saja, melainkan juga watak, moral, sosial, dan fisik peserta didik. Religius sebagai salah satu nilai karakter yang dideskripsikan sebagai sikap dan perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Karakter religius ini sangat dibutuhkan oleh sisa dalam menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral, dalam hal ini siswa diharapkan mampu memiliki dan berperilaku dengan ukuran baik dan buruk yang didasarkan pada ketentuan dan ketetapan agama. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Asrama Sekolah Menengah Kejuruan Citra Bangsa Mandiri Purwokerto. Subjek penelitian adalah Kepala Asrama, Guru PAI dan Pamong asrama serta santri asrama. Objek penelitian adalah pelaksanan pembentukan karakter religius siswa melalui pogram asrama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pembentukan karakter religius siswa melalui program asrama dilaksanakan kedalam beberapa bentuk kegiatan. Diantaranya kegiatan keseharian, kegiatan terprogram, kegiatan bhakti, serta kegiatan akademik terbimbing dan lainnya. Keberhasilan pembentukan karakter religius siswa melalui program asrama dibuktikan dengan respon positif dari setiap wali kelas, bahwa setiap anak yang hidup di asrama memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dan sikap yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak hidup di asrama.