PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: ARIF FAUZI, NIM. 1423301214
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4957/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4957/2/PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20DISIPLIN%20SISWA%20DI%20SD.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4957/
Daftar Isi:
  • Program StudiPendidikan Agama Islam FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto Penelitian ini dilatarbelakangiolehbanyaknyapengaruhburuk yang dibawaolehglobalisasi, salahsatunyaadalahmasalahkarakter yang makinharimakinhilangdansemakinrusakkarenaadanyapengaruhdaribudayabarat yang lama-lama mengakibatkanterkikisnyakarakteranakzamansekarang. Pembentukankaraktermerupakandisiplinmerupakanhal yang sangatpentingdalammengendalikandiriuntukmenjadilebihbaikdalamkehidupan, karenatanpakarakterdisiplinseseorangakandenganmudahmelakukansesuatu yang dapatmerugikandirisendiriatau orang lain. Sekolahsebagaibagiandarilingkunganmemilikiperan yang sangatpenting, olehkarenaitusekolahharusmelakukanupayauntukmembentukkarakterdisiplin yang baikbagisiswanya. Tujuandilakukannyapenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimana proses pembentukankarakterdisiplin di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02PurwokertoKabupatenBanyumas. Dimanakarakterdisiplinmerupakansuatubentukkarakter yang mencerminkansikapkendalidiriuntukmenanamkannilai yang baikdanmemperolehkepercayaandari orang lain. Jenispenelitianinimerupakanpenelitianlapangandenganpendekatankualitatif yang bersifatdeskriptif.Dalamperjalananmengumpulkan data, penulismenggunakanmetodewawancara, observasidandokumentasi.Sedangkanuntukmenganalisis data yang diperoleh, penulislakukandengancaramenelaahseluruh data, mereduksi data, menyajikan data, danmenyimpulkan/verifikasi data. Hasilpenelitiantentangpembentukankarakterdisiplin siswa di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02PurwokertoKabupatenBanyumasadalah berupatarghib, upacarasetiapharisenin, sholatberjamaah, sholatduha, menghafal Al-qur’an, tahsin, home visit, bukupenghubung orang tau, pengajarmenggunakanmetodeteladan, pembiasaan, danpelatihan/pengulangan. Di manasemuaitudirealisasikandalambentukdisiplinwaktu, disiplinberibadah, disiplinmentaatiperaturan, disiplindalamberbaris, disiplinbersikapterhadapdirisendiri, keluarga, masyarakat, bangsadan Negara sertaTuhan Yang MahaEsa, yang dilandasikonsepbelajarpadaaspekmoral knowing, moral felling, dan moral action.