PENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs MA’ARIF NU 3 KEMRANJEN KAB.BANYUMAS
Main Author: | IMAM GHOZALI, NIM. 1423301251 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4936/1/JUDUL_BAB%201_%20BAB%205_DAN%20DAFTRA%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4936/2/SKRIPSI%20full%20%20IMAM.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4936/ http://lib.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Imam Ghozali. “Penerapan Strategi Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen”. Skripsi ini berupaya menyajikan model metode tutor sebaya yang dikembangkan oleh stakeholders MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen. Penelitian ini merupakan penelitia lapangan (field reasearch), yang bersifat kualitatif. Adapun penelitian menggunakan sumber data primer dan skunder, dengan perolehan data melalui mekanisme wawancara, observasi, dan dokumentasi data. Rangkaian data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tutor sebaya yang diterapkan dalam kegiatan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Dalam perencanan program peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an, pada tujuan jangka pendek siswa siswi MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen diharapkan dapat memiliki ketrampilan membaca permulaan (dasar), sedangkan pada jangka panjang menjadikan anak didik sebagai insan kamil, berbakti pada orang tua, dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Sedangkan penerapan metode tutor sebaya yang ada di madrasah menggunakan satu model pembelajaran tutorial, yaitu berdasarkan teori yang diungkapkan Branly metode yang digunakan di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen adalan model student to student pola 1. Pencapaian program peningkatan membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen sampai saat ini cukup optimal. Hal ini ditunjukkan dengan indikator peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa-siswi MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen. Indikator tersebut tercermin dari tujuan serta hal-hal yang dikuasai siswa dalam membaca permulaan. Hasil yang diperoleh pada mata pelajaran BTA dengan menggunakan strategi tutor sebaya mengalami peningkatan prestasi pada setiap pertemuan yang menunjukan bahwa penerapan strategi tutor sebaya efektif diterapkan kepada siswa di MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen.