KESESUAIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK PADA BUKU TEKS SERI TEMATIK “KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT” KELAS V SD KURIKULUM 2013
Main Author: | SAFITRI, NIM. 1423305080 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4928/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4928/7/SAFITRI%20NIM.%201423305080_KESESUAIAN%20NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20DENGAN%20PSIKOLOGI%20PERKEMBANGAN%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4928/ http://lib.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan terhadap adanya buku teks non-Kemdikbud yang paling banyak digunakan di sekolah dasar yang menerapkan kurikulum 2013. Hal itu mendorong penulis untuk melakukan penelitian buku teks tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter dengan psikologi perkembangan anak pada buku teks seri tematik “kerukunan dalam bermasyarakat” kelas V SD kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library Research) dengan deskriptif analisis yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada buku teks seri tematik “kerukunan dalam bermasyarakat” kelas V SD Kurikulum 2013. Metode pemgambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode analisisnya menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukan adanya nilai-nilai pendidikan karakter yang utama berdasarkan penguatan pendidikan karakter pada buku teks seri tematik yaitu, (1) nilai religius meliputi cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama lintas agama, anti-bully dan kekerasan, persahabatan, tidak memaksakan kehendak, serta melindungi yang kecil dan tersisih; (2) nilai nasionalis meliputi apresiasi budaya bangsa, rela berkorban, unggul dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, dan disiplin; (3) nilai mandiri meliputi etos kerja (kerja keras),tangguh, daya juang, profesional, kreatif, berani, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat; (4) nilai gotong royong meliputi menghargai, kerja sama, inklusif, komitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolong-menolong, solidaritas, empati, dan kerelawanan; (5) nilai integritas meliputi kejujuran, cinta kebenaran, setia, komitmen moral, antikorupsi, adil, tanggung jawab, dan teladan. Dari kelima nilai yang terdapat pada buku teks seri tematik “kerukunan dalam bermasyarakat” kelas V SD kurikulum 2013 sesuai dengan aspek perkembangan anak usia kelas V SD.