MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK AL-IKHLAS BUMIAYU BREBES

Main Author: Khafidotul Umah, NIM. 1423311051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/2/KHAFIDOTUL%20UMAH_MENINGKATKAN%20KECERDASAN%20INTERPERSONAL%20ANAK%20U.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/
ctrlnum 4927
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/</relation><title>MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK AL-IKHLAS BUMIAYU BREBES</title><creator>Khafidotul Umah, NIM. 1423311051</creator><subject>371.3 Methods of Instruction and Study</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan bermain peran sebagai salah satu upaya untuk membentuk kecerdasan interpersonal anak. Seperti contoh hasil dari stimulus kecerdasan interpersonal melalui metode bermain peran ialah anak mampu bekerja sama, berempati, dan berinteraksi dengan teman yang lainnya. Maka dari itu pendidik harus pandai dalam menjalin hubungan dengananak, sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman di dalam proses bermain peran. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak adalah dengan melalui metode bermain peran. Dari hasil penelitian di TK Al-Ikhlas Bumiayu adalah pendidik sudah meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran di TK Al-Ikhlas Bumiayu Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui metode bermain peran di TK Al-Ikhlas Bumiayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa dan objek penelitian kecerdasan interpersonal anak usia dini melalalui metode bermain peran. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penulis, didapatkan bahwa meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Al-Ikhlas Bumiayu Brebes dilakukan dengan cara: mengajarkan ketrampilan menunggu giliran, melakukan pembinaan wawasan sosial anak dan komunikasi sosial anak. Selain itu kemampuan bekerja sama anak sudah baik, anak sudah mampu menunggu giliran saat bermain peran dengan teman yang lainnya. Kemampuan berteman atau menjalin kontak sudah baik hal ini ditandai ketika anak terlihat mudah bersosialisasi atau mudah akrab dengan teman lainnya dan tidak takut terhadap orang baru. Anak banyak terlibat kegiatan bersama atau kelompok dengan berbagai aktivitas dan hampir tidak pernah menyendiri. Kemampuan berempati anak juga sudah cukup baik, anak juga memiliki perhatian besar terhadap teman-temannya, ketika ada temannya yang tidak membawa jajan atau makanan maka langsung memberikan atau membagikan jajan kepada temannya yang tidak membawa jajan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran sudah cukup baik.</description><date>2018-12-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/2/KHAFIDOTUL%20UMAH_MENINGKATKAN%20KECERDASAN%20INTERPERSONAL%20ANAK%20U.pdf</identifier><identifier> Khafidotul Umah, NIM. 1423311051 (2018) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK AL-IKHLAS BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>4927</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khafidotul Umah, NIM. 1423311051
title MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK AL-IKHLAS BUMIAYU BREBES
publishDate 2018
isbn 9781423311058
topic 371.3 Methods of Instruction and Study
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/2/KHAFIDOTUL%20UMAH_MENINGKATKAN%20KECERDASAN%20INTERPERSONAL%20ANAK%20U.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4927/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan bermain peran sebagai salah satu upaya untuk membentuk kecerdasan interpersonal anak. Seperti contoh hasil dari stimulus kecerdasan interpersonal melalui metode bermain peran ialah anak mampu bekerja sama, berempati, dan berinteraksi dengan teman yang lainnya. Maka dari itu pendidik harus pandai dalam menjalin hubungan dengananak, sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman di dalam proses bermain peran. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak adalah dengan melalui metode bermain peran. Dari hasil penelitian di TK Al-Ikhlas Bumiayu adalah pendidik sudah meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran di TK Al-Ikhlas Bumiayu Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui metode bermain peran di TK Al-Ikhlas Bumiayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa dan objek penelitian kecerdasan interpersonal anak usia dini melalalui metode bermain peran. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penulis, didapatkan bahwa meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Al-Ikhlas Bumiayu Brebes dilakukan dengan cara: mengajarkan ketrampilan menunggu giliran, melakukan pembinaan wawasan sosial anak dan komunikasi sosial anak. Selain itu kemampuan bekerja sama anak sudah baik, anak sudah mampu menunggu giliran saat bermain peran dengan teman yang lainnya. Kemampuan berteman atau menjalin kontak sudah baik hal ini ditandai ketika anak terlihat mudah bersosialisasi atau mudah akrab dengan teman lainnya dan tidak takut terhadap orang baru. Anak banyak terlibat kegiatan bersama atau kelompok dengan berbagai aktivitas dan hampir tidak pernah menyendiri. Kemampuan berempati anak juga sudah cukup baik, anak juga memiliki perhatian besar terhadap teman-temannya, ketika ada temannya yang tidak membawa jajan atau makanan maka langsung memberikan atau membagikan jajan kepada temannya yang tidak membawa jajan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran sudah cukup baik.
id IOS3655.4927
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-05-06T07:48:01Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:37Z
recordtype dc
_version_ 1763141801276866560
score 17.538404