Manajemen Kurikulum Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas
Main Author: | Slamet Nuryanto, NIM. 1522605060 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/2/MANAJEMEN%20KURIKULUM%20%20DI%20SEKOLAH%20DASAR%20ISLAM%20TERPADU%20HARAPAN%20BUNDA%20%20PURWOKERTO%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/ |
ctrlnum |
4917 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/</relation><title>Manajemen Kurikulum Di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Harapan Bunda Purwokerto Banyumas</title><creator>Slamet Nuryanto, NIM. 1522605060</creator><subject>375 Curriculums</subject><description>Kurikulum merupakan ruh dalam sebuah pendidikan. Untuk memperbaiki
dan meningkatkan mutu pendidikan maka yang pertama harus dilakukan adalah
mengembangkan dan melengkapi kurikulum disesuaikan dengan potensi daerah
serta tuntutan perkembangan zaman. Pendidikan akan mampu melahirkan
anakanak bangsa yang cerdas dan terampil ketika kurikulum dikembangkan dan
dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dasar peserta didik. Dewasa ini,
pengembangan kurikulum oleh lembaga pendidikan menjadi hal yang sangat
dibutuhkan agar lembaga tersebut dapat bersaing dalam memberikan jaminan
mutu pendidikan kepada masyarakat. Salah satu sekolah yang terbilang baru di
Kabupaten Banyumas yaitu Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda
Purwokerto Banyumas. Adapun fokus masalah penelitian ini yaitu tentang
manajemen kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto
Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana manajemen
kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto
Banyumas?”.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitian sebagai
respondennya adalah kepala madrasah, wakil kepala sekolah, dan guru. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, Wawancara, dan
Dokumentasi. Kemudian, untuk mendapatkan hasil penelitian peneliti
menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, adapun prosesnya terdiri
atas: Reduksi Data, Display/ Penyajian Data, dan mengambil kesimpulan lalu
diverifikasi. Setelah itu dilakukan triangulasi untuk menguji keabsahan data
penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Sekolah
Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas sebagai berikut:
proses manajemen kurikulum dilakukan melalui tahap perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Sekolah Dasar Islam Terpadu
Harapan Bunda Purwokerto Banyumas menggunakan konsep yang dipakai oleh
model Hilda Taba. Sekolah ini menerapkan pelaksanaan KBM dengan model
sentra, yaitu siswa berpindah-pindah kelas sesuai jadwal sentra di hari tersebut.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/2/MANAJEMEN%20KURIKULUM%20%20DI%20SEKOLAH%20DASAR%20ISLAM%20TERPADU%20HARAPAN%20BUNDA%20%20PURWOKERTO%20BANYUMAS.pdf</identifier><identifier> Slamet Nuryanto, NIM. 1522605060 (2018) Manajemen Kurikulum Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas. Masters thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>4917</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Slamet Nuryanto, NIM. 1522605060 |
title |
Manajemen Kurikulum Di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Harapan Bunda Purwokerto Banyumas |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781522605065 |
topic |
375 Curriculums |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/2/MANAJEMEN%20KURIKULUM%20%20DI%20SEKOLAH%20DASAR%20ISLAM%20TERPADU%20HARAPAN%20BUNDA%20%20PURWOKERTO%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4917/ |
contents |
Kurikulum merupakan ruh dalam sebuah pendidikan. Untuk memperbaiki
dan meningkatkan mutu pendidikan maka yang pertama harus dilakukan adalah
mengembangkan dan melengkapi kurikulum disesuaikan dengan potensi daerah
serta tuntutan perkembangan zaman. Pendidikan akan mampu melahirkan
anakanak bangsa yang cerdas dan terampil ketika kurikulum dikembangkan dan
dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dasar peserta didik. Dewasa ini,
pengembangan kurikulum oleh lembaga pendidikan menjadi hal yang sangat
dibutuhkan agar lembaga tersebut dapat bersaing dalam memberikan jaminan
mutu pendidikan kepada masyarakat. Salah satu sekolah yang terbilang baru di
Kabupaten Banyumas yaitu Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda
Purwokerto Banyumas. Adapun fokus masalah penelitian ini yaitu tentang
manajemen kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto
Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana manajemen
kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto
Banyumas?”.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitian sebagai
respondennya adalah kepala madrasah, wakil kepala sekolah, dan guru. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, Wawancara, dan
Dokumentasi. Kemudian, untuk mendapatkan hasil penelitian peneliti
menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, adapun prosesnya terdiri
atas: Reduksi Data, Display/ Penyajian Data, dan mengambil kesimpulan lalu
diverifikasi. Setelah itu dilakukan triangulasi untuk menguji keabsahan data
penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Sekolah
Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas sebagai berikut:
proses manajemen kurikulum dilakukan melalui tahap perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Sekolah Dasar Islam Terpadu
Harapan Bunda Purwokerto Banyumas menggunakan konsep yang dipakai oleh
model Hilda Taba. Sekolah ini menerapkan pelaksanaan KBM dengan model
sentra, yaitu siswa berpindah-pindah kelas sesuai jadwal sentra di hari tersebut. |
id |
IOS3655.4917 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2019-05-06T07:48:01Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:49:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141801024159744 |
score |
17.538404 |