MANAJEMEN KELAS INTENSIVE DI MTs RAUDLATUL HUDA Ya BAKII ADIPALA KABUPATEN CILACAP
Main Author: | AGUS SYAMI PUTRI, NIM. 1423303002 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4915/1/AGUS%20SYAMI%20PUTRI_MANAJEMEN%20KELAS%20INTENSIVE.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4915/2/COVER_BAB%20I%20PENDAHULUAN_BAB%20V%20PENUTUP_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4915/ |
Daftar Isi:
- Manajemen kelas intensive pada MTs Raudlatul Huda Adipala yaitu melaksanakan kegiatan pengelolaan berdasarkan pola fikir manajemen atau berdasarkan proses manajemen dengan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi secara terpadu guna mendukung tercapainya tujuan. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa MTs Raudlatul Huda Adipala Kabupaten Cilacap merupakan Madrasah Tsanawiyah yang menerapkan adanya program kelas intensive dengan tujuan untuk mengembangkan pendidikan bagi anak yang memiliki potensi, kecerdasan unggul serta budi pekerti. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas intensive di MTs Raudlatul Huda Adipala Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap Kepala MTs Raudlatul Huda Adipala, Penanggungjawab kelas intensive dan wali murid atau orang tua peserta didik kelas intensive. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa kelas intensive di MTs Raudlatul Huda Adipala telah terimplementasi dengan optimal karena sudah memenuhi fungsifungsi manajemen. Ditandai dengan perencanaan kelas intensive yaitu adanya penetapan diadakannya kelas intensive dan persiapan penyelenggaraan kelas intensive. Pengorganisasian kelas intensive adanya pemilihan tenaga tim dan pembentukan tim pengelola kelas intensive yang sudah tertata dengan jelas karena telah ditentukan pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab secara rinci. Pelaksanaan kelas intensive yaitu adanya bentuk penyelenggaraan kelas intensive, penyeleksian peserta didik kelas intensive, proses belajar mengajar di kelas intensive, pemanfaatan sarana dan prasarana, pihak yang terlibat dan pembiayaan. Pengawasan kelas intensive ditandai dengan adanya promosi-promosi ke beberapa sekolah lain. Serta adanya evaluasi kelas intensive ditandai dengan adanya penilaian tengah semester, penilaian harian dan penilaian akhir semester.