HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP SE KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: SUPARJO, NIM. 1423402084
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4911/1/1.%20TESIS%20SUPARJO%20PDF%20KOMPLIT.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4911/2/2.%20COVER%2C%20BAB%201%2C%20BAB%205%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4911/
Daftar Isi:
  • Mutu pendidikan salah satunya ditentukan oleh guru, jika guru dalam memberi pelayan pada siswa baik dan menyenangkan, siswa akan senang dan berdampak materi mudah diserap, sehingga hasilnya memuaskan. Guru yang memberiakan pelayanan baik adalah guru yang memiliki motivasi. Motivasi dapat timbul karena dari diri sendiri atau pengaruh dari orang lain diantaranya adalah supervise kepala sekolah atau pengawas. Guru yang memiliki motivasi tinggi didukung oleh adanya supervise akan meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini membahas tentang apa ada hubungan antara supervise akademik, motivasi kerja dan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasional dengan populasi guru Pendidkan Agama Islam se-kabupaten Banyumas, sampel menggunakan simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang simple (sederhana) karena anggota sample dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu sebanyak 40 responden. Adapun variabelnya terdiri atas dua variable bebas / independen yaitu: supervise akademik kepala sekolah/ pengawas (X1), motivasi kerja (X2), dan variabel dependen/variabel terikat, yaitu kinerja guru (Y) dengan metode pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan angket, wawancara. Dalam penelitian ini analisis datanya adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhanan dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan 1)Ada hubungan positif dan signifikan antara Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas dengan nilai korelasi sebesar 0.688. 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara Supervisi Akademik dan kinerja sebesar 0.728 yang berarti berhubungan kuat. 3)Ada hubungan positif dan signifikan antara Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas nilai korelasi sebesar 0.437 yang berarti berhubungan sedang 4).Ada hubungan posisitf dan signifikan antara Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja secara bersama- sama terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas sebesar