EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN QOWA’ID DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-HIDAYAH KROYA CILACAP
Main Author: | RAHMI DWI NURLIA, NIM. 1423302071 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4823/2/RAHMI%20DWI%20NURLIA_EFEKTIVITAS%20METODE%20SOROGAN%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20QOWA%27ID%20DI%20PONDOK%20PESANTREN%20PUTRI%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4823/3/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4823/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode sorogan dalam pembelajaran Qowa‟id di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya Cilacap. Data yang digali yaitu tentang tujuan pembelajaran Qowa‟id di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya, data tentang pembelajaran Qowa‟id dengan menerapkan metode sorogan, dan data tentang gambaran umum Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya. Penggalian data bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode sorogan dalam pembelajaran Qowa‟id di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya Cilacap. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan ustadz Nahwu dan Sharaf di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya yaitu Gus Najib Muhammad, para santri, dan juga pengurus Pondok Pesantren Putri AlHidayah Kroya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data digali menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai efektivitas metode sorogan dalam pembelajaran Qowa‟id di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya. Bahwa metode sorogan yang diterapkan di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya sudah efektif dan pembelajarannya sudah sesuai dengan teori yang ada. Dilihat dari tujuan pembelajaran Qowa‟id yang ada. Tujuan pembelajaran Qowa‟id yang didapat di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya antara lain sebagai bekal untuk bisa membaca kitab turats, melatih santri untuk memahami posisi kata, melindungi santri dari kesalahan berbahasa, menambah perbendaharaan kata pada santri, melatih santri untuk menulis dengan baik dan benar, dan sebagai dasar untuk mempelajari ilmuilmu yang lain, pada dasarnya sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran Qowa‟id yang ada. Dari semua tujuan pembelajaran Qowa‟id yang ada, semua tujuan dapat tercapai meskipun belum secara maksimal. Hal ini menunjukkan metode sorogan yang di terapkan di Pondok Pesantren Putri Al-Hidayah Kroya Cilacap sudah efektif. Dari hasil wawancara dengan Gus Najib Muhammad, walaupun pembelajaran menggunakan metode sorogan sudah efektif, beliau tetap mengalami beberapa hambatan, salah satunya adalah sangat terbatasnya waktu pembelajaran, karena disini santri harus maju secara bergantian menghadap sang ustadz. Untuk mengatasi hal tersebut, ustadz berupaya untuk memadukannya dengan pembelajaran pada saat mengaji bandongan, agar pengetahuan yang diperoleh bisa lebih maksimal.