Strategi Active Learning pada Pembelajaran Alfiyah di Kelas IV Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas TahunPelajaran 2017/2018
Main Author: | DIAN FURHATI, 1423302056 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4794/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4794/2/DIAN%20FURHATI_STRATEGI%20ACTIVE%20LEARNING%20%20PADA%20PEMBELAJARAN%20ALF.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4794/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaranalfiyah yang sudahdiberikan di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-Thohiriyyahsangatberpengaruhdalam proses belajarmengajar. Strategi yang digunakan guru pun sangatpentinguntuksantrimenerimapelajaran.Bagisantripelajarannahwuadalahpelajaran yang sangatsulit, sehinggatidakmudahbagi guru dalammenyampaikanpelajarantanpaadanyastrategi yang bervariasi. Rumusanmasalah yang akandijawabdalampenelitianiniadalahbagaimanastrategi active learningpadapembelajaranalfiyahdi kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumastahunpelajaran 2017/2018? Penelitianinitermasukpenelitianlapangan.Penelitianinimenggambarkankeadaan yang sebenarnyadalam proses pembelajaranalfiyah di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumas. Metode yang penulisgunakanuntukmemperoleh data-data adalahwawancara, observasi, dandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranalfiyah di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumasdilakukandelapan jampelajarandalamseminggu. Dalam proses pembelajaranalfiyah guru menggunakanbeberapastrategi, yaitu: learning contrac (kontrakbelajar), debataktif (active debate), membacakeras (Reading Aloud),timpendengar (Listening Teams), memberipertanyaandanmenerimajawaban (Giving question and getting answers),danresume kelompok (Group Resume). Secara global pembelajaranalfiyahituberguna agar parasantriberkembangdalamberbagaikemampuansepertimenyimak, berbicara, membaca, danmenulis.