Strategi Active Learning pada Pembelajaran Alfiyah di Kelas IV Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas TahunPelajaran 2017/2018

Main Author: DIAN FURHATI, 1423302056
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4794/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4794/2/DIAN%20FURHATI_STRATEGI%20ACTIVE%20LEARNING%20%20PADA%20PEMBELAJARAN%20ALF.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4794/
Daftar Isi:
  • Pembelajaranalfiyah yang sudahdiberikan di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-Thohiriyyahsangatberpengaruhdalam proses belajarmengajar. Strategi yang digunakan guru pun sangatpentinguntuksantrimenerimapelajaran.Bagisantripelajarannahwuadalahpelajaran yang sangatsulit, sehinggatidakmudahbagi guru dalammenyampaikanpelajarantanpaadanyastrategi yang bervariasi. Rumusanmasalah yang akandijawabdalampenelitianiniadalahbagaimanastrategi active learningpadapembelajaranalfiyahdi kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumastahunpelajaran 2017/2018? Penelitianinitermasukpenelitianlapangan.Penelitianinimenggambarkankeadaan yang sebenarnyadalam proses pembelajaranalfiyah di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumas. Metode yang penulisgunakanuntukmemperoleh data-data adalahwawancara, observasi, dandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranalfiyah di kelas IV Madrasah DiniyyahPondokPesantrenAth-thohiriyyah, KecamatanKedungbanteng, KabupatenBanyumasdilakukandelapan jampelajarandalamseminggu. Dalam proses pembelajaranalfiyah guru menggunakanbeberapastrategi, yaitu: learning contrac (kontrakbelajar), debataktif (active debate), membacakeras (Reading Aloud),timpendengar (Listening Teams), memberipertanyaandanmenerimajawaban (Giving question and getting answers),danresume kelompok (Group Resume). Secara global pembelajaranalfiyahituberguna agar parasantriberkembangdalamberbagaikemampuansepertimenyimak, berbicara, membaca, danmenulis.