PEMBELAJARAN FIQIH PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Lely Yuliasih, 1423301016 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4752/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4752/2/LELY%20YULIASIH_PEMBELAJARAN%20FIQIH%20PADA%20ANAK%20TUNAGRAHITA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4752/ |
Daftar Isi:
- Latarbelakangpenelitianiniadalahbahwasetiapwarganegaraberhakmendapatkanpendidikan.Berawaldaridasarini, pemerintahpeduliakanadanyapendidikanuntukanakberkebutuhankhusus yang manasalahsatudiantaranyayaituanaktunagrahita. Tujuandaripendidikantersebutsatudiantaranyaialahmencetakgenerasiberiman yang taatberibadahkepada Allah SWT.Denganadanyatujuantersebut, diselenggarakanpendidikanberbasis agama yang diaplikasikandalampembelajaranfiqih. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisis proses pembelajaranfiqih yang terdiridariperencanaan, pelaksanaan, evaluasipembelajaranfiqihpadaanaktunagrahitakelas VII di SLB C dan C1 YAKUT PurwokertoKabupatenBanyumas. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Denganmengambillatar SLB C dan C1 YAKUT PurwokertoKabupatenBanyumas.SLB yang pertama kali berdiri di KabupatenBanyumasdengan guru yang professional.Pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkan : 1) proses perencanaanpembelajaranfiqihmenggunakanprota, promes, silabus, RPP. Perencanaan yang disusuntidak sepenuhnya sesuai ketika diaplikasikan pada pembelajaranataudapatdikatakan guru menerapkanasasfleksibelitas. 2) Proses pelaksanaanpembelajaranfiqih guru menggunakan media papantulis. Denganpendekatanpembiasaan guru menerapkanbeberapametodeyaitumetodeceramah, metodetanyajawab, metodedemonstrasidanmetodepraktek. Materi yang disampaikansamadengansekolahpadaumumnyanamununtuk SLB lebihsimple. 3) Evaluasipembelajaranfiqih, guru menerapkantessumatifberupa UTS dan UAS denganbentuksoalpilihangandadan essay. Adapunpemberianskor, guru tidakhanyamenilaidarisegikoginitiftetapidipadukandengansegiafektif.Penilaiantersebutbersifatlongitudinal.