ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI NEGERI PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Dewi Astuti, 1423305099
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4728/1/COVER_DAFTAR%20ISI_%20BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4728/2/DEWI%20ASTUTI_ANALISIS%20BUTIR%20SOAL%20UJIAN%20AKHIR%20SEMESTER%20GASAL%20M.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4728/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Negeri 1 Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan penggunaan distraktor. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 112 siswa. Objek penelitian adalah Soal Ujian Akhir Semester (UAS), kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data diperoleh dengan metode dokumentasi yaitu: soal, kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data kemudian dianalisis dengan program ITEMAN versi 3.00 untuk mengetahui nilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan penggunaan distraktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) soal yang valid berjumlah 32 butir (80%) sedangkan yang tidak valid 8 butir (20%). (2) Berdasarkan reliabilitas, termasuk soal yang reliabilitasnya sangat tinggi yaitu 0,904. (3) Berdasarkan tingkat kesukaran, termasuk butir soal yang sukar tidak ada, sedang berjumlah 32 butir (80%), mudah berjumlah 8 butir (20%). (4) Berdasarkan daya pembeda, termasuk butir soal diterima 34 butir (85%), diterima perlu diperbaiki 4 butir (10%), soal yang diperbaiki 1 butir (2,5%), soal yang tidak dipakai 1 butir (2,5%). Berdasarkan keefektifan penggunaan distraktor, soal yang berfungsi sangat baik ada 15 butir soal (37,5%), berfungsi baik 18 butir soal (45%), berfungsi cukup 5 butir soal (2,5%), berfungsi jelek 2 butir soal (5%). Berdasarkan analisis secara bersama-sama validitas, tingkat kesukaran,daya pembeda dan keefektifan penggunaan distraktor terdapat soal yang berkualitas baik berjumlah 28 soal (70%), kurang baik berjumlah 8 soal (20%), dan tidak baik/jelek berjumlah 4 soal (10%).