PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH WIRASANA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: AWIT FITRIASIH, 1423305228
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4698/1/AWIT%20FITRIASIH_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4698/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4698/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masih berpusat pada guru (teacher center). Pendekatan pembelajaran di kelas masih menggunakan pendekatan konvensional yang tidak memberikan kebebasan kepada siswa untuk aktif di kelas sehingga siswa cepat merasa bosan dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Sehingga perlu adanya solusi agar pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan membuat siswa tertarik terhadap pelajaran matematika. Matematika perlu diarahkan pada aktivitas-aktivitas yang mendorong siswa aktif di dalam kelas (student center). Pembelajaran matematika juga harus bisa mengakrabkan siswa dengan lingkungan dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang berorientasi pada pengalaman seharihari adalah pendekatan Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan model penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dan desain penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas V MI Muhammadiyah Wirasana tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk essay dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Materi yang digunakan adalah sifat-sifat bangun ruang. Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial. Analisis datamenggunakan uji korelasi Product Moment. Hipotesis yang akan diuji dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruhyang positif pendekatan realistic mathematics education terhadap hasil belajarsiswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Muhammadiyah Wirasana.Berdasarkan hasil analisis data melalui uji korelasi Product Moment, diperolehkoefisien korelasi sebesar -0,108atau termasuk dalam kategori sangat lemah sehingga diabaikan.Artinyasemakintinggipenggunaanpendekatan RME makasemakinrendahhasilbelajarsiswa. Dan diperoleh hasil koefisien determinasi yang menunjukan pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar siswa sebesar 1,117 %.Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendekatan RealisticMathematics Education terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Muhammadiyah Wirasana pada materi sifat-sifat bangun ruang.