RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMP SANTO BORROMEUS PURBALINGGA
Main Author: | ASA SEPTARINI, 1423301127 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4695/1/ASA%20SEPTARINI_COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4695/2/ASA%20SEPTARINI_RELIGIUSITAS%20PESERTA%20DIDIK%20MUSLIM%20DI%20SMP%20SANTO%20BORROMEUS%20PURBALINGGA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4695/ |
Daftar Isi:
- Religiusitasdiwujudkandalamberbagaisisikehidupanmanusia.Aktivitaskeberagamaanbukanhanyaterjadiketikaseseorangmelakukanperilaku ritual (beribadahkhusus) sajatetapijugaketikamelakukanaktivitaskehidupanlainnya.Religiusitastidakhanyaberkaitandenganaktivitas yang dapatdilihatmata, tetapijugaaktivitas yang tidaktampakdanterjadi di dalamhatisanubariseseorang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif yang berlokasi di SMP Santo BorromeusPurbalingga yang digunakanuntukmenelitireligiusitaspesertadidikmuslimsecaramendalamsesuaidenganapa yang dipahamidandirasakanolehsubjekpenelitian yang bersangkutan. Pengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Data yang diperolehkemudiandianalisissecaradeskriptif-analitis, artinyahasilanalisisberupapemaparangambaransituasi yang ditelitidalambentuknaratif.Analisa data dilakukandenganmenggunakanpolainduktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwareligiusitaspesertadidikmuslim di SMP Santo BorromeusPurbalinggadilihatdaridimensiReligious Belief, Religious Practice, Religious Feeling, Religious Knowledge, danReligious Effect masihkurangbaik. Upaya yang dilakukanpihaksekolahuntukmeningkatkanreligiusitaspesertadidikmuslim di antaranya: memberitoleransiberibadah, memberinasehat, memberiteladan, dankegiatanBinaIman. Terdapatduafaktor yang mempengaruhireligiusitaspesertadidikmuslim di SMP Santo BorromeusPurbalingga, yaitu: faktorpendukungdanfaktorpenghambat. Faktorpendukungterdiridari: kebijakanpemerintah yang memberikanaturantentangpendidikantoleransiberibadah, kebijakansekolah yang memberikantoleransiberibadah, danterwujudnyakerjasama yang baikantarwargasekolah. Faktorpenghambatterdiridari: tingkatkemampuanataukematanganemosionalpesertadidik yang tidaksama, tidakdisediakannyaruangataufasilitasberibadahbagipesertadidikmuslim, keterbatasanwaktudalampembelajaranyaitutidakadamatapelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) danketerbatasanwaktudalamkegiatanBinaIman, kurangnyapengawasanorangtuasaat di rumah, dankurangyakesadarandalamdirimasing-masingpesertadidikmuslimuntukmeningkatkanreligiusitasnya.