KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V DALAM MATA PELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: urulKhofiah, 1423305164)
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4692/1/JUDUL%2C%20BAB%201%2C%20BAB%205%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4692/2/SKRIPSI%20FULL%20NURUL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4692/
Daftar Isi:
  • Untukmenghasilkansumberdayamanusia yang berkualitasdibutuhkan guru yang berkompeten. Guru merupakankomponen yang paling menentukandalamsistempendidikan. Guru yang berkompetenakanmenciptakanlingkunganbelajar yang efektif, menyenangkandanakanlebihmampumengelolakelasnya, sehinggapesertadidikberadapadatingkat optimal. Namundemikiandalampraktek-praktekpedagogikkeberhasilansuatu proses pembelajaransangat di tentukanolehsuatukualitasataukemampuan guru, proses belajarmengajar guru harussiapdengansegalaperangkatnyayaituSilabusdan RPP Berdasarkanlatarbelakangdiatas, rumusanmasalahdaripenelitianadalahbagaimanakompetensipedagogik guru kelas V dalammatapelajaran IPA di MI Ma’arif Nu BanteranKecamatanSumbangKabupatenBanyumas. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif, yaitumengumpulkaninformasiatau data yang ada.Subjekpenelitianadalah guru kelas V, siswa-siswidankepala MI Ma’arif Nu Banteran.Objekpenelitanadalahkompetensipedagogik guru kelas V dalammatapelajaran IPA.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Metodeanalisis yang digunakanadalahreduksi data, penyajian data danverifikasi data Hasilpenelitianmenunjukanbahwa guru kelas V dalammatapelajaran IPA MI Ma’arif Nu Banteranmemilikikompetensidalammenelolapembelajarandikelas. Guru kelas V MI Ma’arif Nu Banterantelahmelakukan 10 komponenkompetensipedagogik , yaitu:1) menguasaikarakterpesertadidik, 2) Menguasaiteoridanprinsip-prinsipbelajar, 3) mengembangkankurikulum, 4) menyelenggarakanpembelajaran yang mendidik, 5) memanfaatkanilmutekhnologidankomunikasidalampembelajran, 6) memfasilitasipengembanganpesertadidik, 7) berkomunikasisecaraefektif, 8) menyelenggarakanevalusai, 9) memanfaatkanhasilpenilaian, 10) melakukanrefleksi