PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SENI MUSIK: ANALISIS LIRIK TEMBANG (LAGU) DOLANAN ANAK-ANAK JAWA
Main Author: | SUSI PUJIASTUTI, NIM. 1123301013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/469/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/469/2/SUSI%20PUJIASTUTI_PENDIDIKAN%20KARAKTER%20MELALUI%20SENI%20MUSIK%20ANALISIS%20LIRIK%20TEMBANG%20%28LAGU%29%20DOLANAN%20ANAK-ANAK%20JAWA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/469/ |
Daftar Isi:
- Dunia pendidikan saat ini tengah dihadapkan dengan maraknya fenomena degradasi moral pada generasi muda. Negara yang selalu mengedepankan nilai-nilai luhur kini sudah mulai terkikis oleh sikap generasi penerus bangsa. Fenomena ini adalah krisis moral yang sangat merugikan bangsa ini. Salah satu cara untuk memperbaiki penurunan kualitas karakter adalah dengan mengenalkan kembali budaya-budaya bangsa. Tembang dolanan anak Jawa merupakan salah satu sarana budaya yang mampu mengubah karakter generasi penerus bangsa Indonesia. Dengan melihat latar belakang diatas, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai yang terkandung dalam teks lirik tembang (lagu) dolanan anak-anak Jawa dan bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter dalam tembang (lagu) dolanan anak-anak Jawa dengan dunia pendidikan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif analisis dengan menggambarkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam lirik tembang (lagu) dolanan anak -anak Jawa. Adapun dalam metode analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Setelah melakukan pengkajian dapat ditemukan hasil sebagai berikut: 1) Nilai pendidikan karakter dalam lirik tembang (lagu) dolanan anak-anak Jawa yaitu: a. religius; patuh dan taat dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, serta toleran dengan ajaran agama lain. b. rendah hati; selalu berupaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. c. tanggung jawab; mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya serta amanah yang diembannya. d. kerja keras; upaya bersungguh-sungguh melaksanakan tugasnya, dan melaksanakannya dengan sebaikbaiknya. e. mandiri; perilaku yang tidak mudah tergantung dengan orang lain. f. menghargai prestasi; menghormati keberhasilan orang lain, dan menjadikannya sebagai acuan untuk keberhasilan dirinya sendiri. 2) Relevansi nilai pendidikan karakter dengan nilai pendidikan yang telah dikaji tersebut diharapkan dapat menjadi bahan pengayaan untuk mengoptimalisasikan lingkungan pendidikan yang kreatif dan inovatif. Kata kunci: Pendidikan karakter, Budaya, Tembang dolanan anak Jawa