PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA
Main Author: | Windiya Utami (NIM. 1423305266), Windiya Utami (NIM. 1423305266) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4683/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4683/2/WINDIYA%20UTAMI_PENGEMBANGAN%20KECERDASAN%20INTERPERSONAL%20SISWA%20MELALUI%20KEGIATAN%20EKSTRAKURIKULER%20DI%20MI%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4683/ |
Daftar Isi:
- Howard Gardner mendefinisikan kecerdasan yaitu kemampuan untuk menyelesaikan masalah, dan kemampuan untuk menciptakan produk yang berharga dalam satu atau beberapa lingkungan budaya dan masyarakat. Salah satu kecerdasan yang dimiliki seseorang adalah kecerdasan interpersonal. Sekolah sebagai instansi yang selama ini dipercaya untuk mendidik tentunya harus berperan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Kegiatan di sekolah hendaknya dirancang dengan sebaik mungkin sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan pada diri peserta didik. Salah satu kegiatan yang sangat menunjang pengembangan kecerdasan interpersonal di sekolah adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kuallitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Subjek penelitian adalah Koordinator, pelatih/pendamping dari ekstrakurikuler pramuka, voli dan hadroh, siswa atau peserta kegiatan ekstrakurikuler seni musik dan Kepala MI Darul Hikmah Bantarsoka. Objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif.Tujuan dari penulis adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI Darul Hikmah Bantarsoka merupakan salah satu madrasah yang melaksanakan pengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Ada berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MI Darul Hikmah Bantarsoka seperti pramuka, voli, hadroh, seni musik, seni baca Al-Qur’an, tenis meja, karate kids. Kegiatan-kegiatanmulai dari proses pendaftaran dengan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi oleh guru, kemudian pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan angket yang nantinya diserahkan kepada guru. Proses pelaksanaan kegiatan sampai evaluasi yang dilakukan dalam ekstrakurikuler tersebut sangat berperan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa.