PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT ZUHUR BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP PGRI 2 SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Eti Ernawati, 1423301088
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4678/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4678/2/ETI%20ERNAWATI_PENGARUH%20PEMBIASAAN%20SHALAT%20ZUHUR.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4678/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kesadaran siswa dalam melakukan shalat terutama shalat berjamaah serta kurangnya kedisiplinan siswa pada masa ini. Kedisiplinan merupakan modal penting dalam meraih kesuksesan. Kedisiplinan dapat dibentuk melalui beberapa cara yaitu keteladanan, lingkungan berdisiplin dan latihan berdisiplin yang dapat dilakukan melalui pembiasaan. Kedisiplinan dapat dibentuk melalui pembiasaan oleh karena itu sekolah mengadakan pembiasaan yang dapat menunjang kedisiplinan siswa baik dalam ibadah dan belajar yaitu pembiasaan shalat berjamaah. Penelitian ini membahas tentang pengaruh pembiasaan shalat zuhur berjamaah terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMP PGRI 2 Somagede Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan ketentuan tabel Isaac dan Michael dengan jumlah 84 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan datamenggunakan instrument angket, observasi, wawancara, dokumentasi . Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan analisis regresi sederhana. Dari uji linearitas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,418 lebih besar dari 0.05. Artinya terdapat hubungan yang linear secara signifikan antara variabel Pembiasaan Shalat Zuhur Berjamaah dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 15.871 + 0,681 X. Koefisien determinasinya sebesar 0,430.yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pembiasaan shalat zuhur berjamaah terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 43 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.