PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 01 KARANGPUCUNG KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP Firda Khoerun Nisa NIM. 1423303049
Main Author: | Firda Khoerun Nisa, 1423303049 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4669/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4669/2/FIRDA%20KHOERUN%20NISA_PELAKSANAAN%20SUPERVISI%20AKADEMIK%20DI%20SMP%20NEGERI%2001%20KARANGPUCUNG%20KECAMTAN%20KARANGPU.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4669/ |
Daftar Isi:
- Supervisi akademik adalah suatu kegiatan pengawasan terhadap kegiatan belajar mengajar sehingga menghasilkan mutu pendidikan yang baik. Prosedur supervisi dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Metodesupervisiakademikyaitudengankunjungankelas, dimanakepalasekolahatau supervisor mengamatilangsung proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalamkelas. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatif, karenapengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 01 Karangpucung.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif yaitu data yang dijelaskan sesuai keadaan yang ada di lapangan dijelaskan secara naratif.Adapunmetodepengambilan data yang penulisgunakanadalahmetodewawancara, obsrvasi, dandokumentasi. Hasilpenelitiandiketahuibahwapelaksanaan supervisi akademik di SMPNegeri 01 Karangpucung meliputi (1) tahap perencanaan, perencanaan supervisi akademik dilaksanakan melalui rapat rutin untuk membahas perencanaan terkait dengan kegiatan supervisi akademik mengkaji rencana kegiatan supervisi akademik dimulai dari penyususan program, jadwal pelaksanaan hingga pelaksanaan supervisi akademik, teknik serta instrumen penilaian observasi pembelajaran dan lainnya yang terkait dengan pembelajaran, (2) tahap pelaksanaan, melaksanakanpertemuanawaldengan guru yang disupervisikemudianmelakukanpemantauansupervisidengankunjungankelassesuaijadwal yang ditentukan, setelahitumelaksanakanrefleksidanmerencanakantindaklanjutdarihasilsupervisi, (3) tahap tindak lanjut, mendiskusikan hasil supervisi dengan guru yang disupervisi dan memeriksa ulang keterlaksanaantindaklanjutsupervisi, kemudianmenugaskan guru untukmengikutidiklat/pembinaanataukegiatanlainnya. Tujuan kegiatan ini untuk memperbaiki dan mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar. Secara teoritis laporan ini bermanfaat sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan supervisi akademik di sekolah, secara praktis bagi kepala sekolah, laporan ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi dalam kegiatan supervisi akademik di sekolah dan bagi guru, laporan ini ini bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran jika masih ditemukan kekurangan. Kata Kunci:PelaksanaanSupervisi, Supervisi Akademik