IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SMK N 1 BUKATEJA PURBALINGGA

Main Author: Niken Pratiwi, 1423303022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4668/1/JUDUL%2CBAB%201%2C%20BAB%205%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4668/2/SKRIPSI%20FULL%20NIKEN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4668/
Daftar Isi:
  • Kegiatan utama pendidikan di sekolah dalam rangka mewujudkan tujuannya adalah kegiatan pembelajaran, sehingga seluruh aktivitas organisasi sekolah bermuara pada perencanaan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.Untuk mengetahui sejauh mana guru mampu melaksanakan pembelajaran, secara berkala kepala sekolah perlu melaksanakan kegiatan supervisi. Oleh karena itu, salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai supervisor, yaitu kegiatan mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh guru-guru.Salah satu kegiatan supervisi yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah yaitu melaksanakan kegiatan supervisi akademik.Supervisi akademik merupakan upaya untuk membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pencapaian tujuan pembelajaran serta keberhasilan dalam berbagai masalah pembelajaran banyak tergantung pada kemampuan atau kompetensi guru. Melalui supervisi akademik diharapkan kualitas akademik yang dilakukan oleh guru semakin meningkat. Tujuan dilakukanya penelitian ini, untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru di SMK N 1 Bukateja Purbalingga. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru yang ada di SMK N 1 Bukateja Purbalingga. Dari hasil penelitian data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data tersebut direduksi, setelah data direduksi langkah selanjutnya mendisplay data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik di SMK N 1 BukatejaPurbalingga sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat pada bagian program dan pelaksanaan teknik supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Supervisi akademik yang dilakukan di SMK N 1 Bukateja Purbalingga oleh kepala sekolah berjalan sesuai jadwal yang telah dibuat pada awal tahun akademik dan diakhir tahun akademik. Kepala sekolah memberikan fasilitas yang dapat menunjang kompetensi guru di SMK N 1 Bukateja Purbalingga diantaranya yaitu kegiatan bimtek, workshop,ataupun IHT(in house training).