PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIROATI DI TPQ ROUDHOTUL HIDAYAH TANJUNG PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS CAHYANI MUGIARTI NIM: 1423301311
Main Author: | CAHYANI MUGIARTI, 1423301311 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4662/1/CAHYANI%20MUGIARTI_PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20AL%20QUR%E2%80%99AN%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20METODE%20QIROATI%20DI%20TPQ%20ROUDHOTU.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4662/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4662/ |
Daftar Isi:
- Banyaknya metode untuk mempelajari membaca Al-Qur’an, diantaranyaadalah metode Qiroati. Metode Qiroati adalah Salah satu metode pembelajaranmembaca Al-Qur’an dengan membiasakan membaca dengan benar, lancar, cepatdan tepat sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid.Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimanapembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung?.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran membaca Al Qur’an dengan menggunakan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’andengan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung dilaksanakan 6 kali dalam seminggu. Langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung adalah pertama kegiatan pendahuluan meliputi mempersiapkan dan mengkondisikan santriterlebih dahulu. Kemudian setelah mengkondisikan santri, ada kegiatan klasikal dulu dan dilanjutkan kegiatan inti yaitu membaca qiroati. Setelah kegiatan yaitu kegiatan penutup yaitu ustadz/ustadzah memberikan materi tambahan yang ada buku materi tambahan. Evaluasi yang di gunakan di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung yaitu dengan tes lisan juga tertulis yang dievaluasi oleh ustadz/ustadzah kelas masing – masing dan baru kepala TPQ jika akan menaikkan jilid santri. Kata Kunci : Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiroati