PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DI MI ISTIQOMAH SAMBAS KABUPATEN PURBALINGGA

Main Author: AsriMurniatiSolekhah, 1423303042
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4657/1/skripsi%20full%20asri.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4657/2/JUDUL%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4657/
Daftar Isi:
  • Kepala madrasahmerupakansalahsatukomponenpendidikan yang paling berperandalammeningkatkankualitaspendidikandanbertanggungjawabatasmanajemenpendidikansecaralangsungyang berkaitandengansemua proses yang ada di suatumadrasah.Dalammenjalankantugasdantanggungjawabnyatidakterlepasdariunsur yang utamayaitulembagapendidikan, sebagaiwadahterselenggaranya proses pendidikan. Kepala madrasah memilikiperanyangbesardalam proses peningkatanmanajemenlembagapendidikan, salahsatunyayaitukepala madrasah sebagaipuncakpimpinan yang berhakmengambilkeputusandanmemberikanwewenanguntukpara guru dansemuawargasekolah, kepala madrasah jugamelakukanpengawasandan monitoring terhadapsemuahal yang berkaitandengansekolahpadakhususnyadanlembagapendidikanpadaumumnya. Tujuandilakukannyapenelitianini, untukmengetahuiPeranKepala Madrasah dalamMeningkatkanManajemenLembagaPendidikan di MI Istiqomah Sambas KabupatenPurbalingga.Penelitian yang penulislakukanadalahtermasukkedalamjenispenelitiankualitatif.Dalammengumpulkan data, penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Subjekpenelitianterdiridarikepala madrasah, kepalabidang (kabid) akademik, kepalabidangkesekertariatan,kepalabidangkesiswaan, kepalabidangkeagamaandandewanguru yang ada di MIIstiqomah Sambas KabupetenPurbalingga. Dari hasilpenelitiankemudian data dikumpulkandandianalisis, kemudian data tersebutdireduksi, selanjutnya data tersebutdisajikandalambentukdeskriptifdanpenarikankesimpulan. HasilpenelitianmenunjukanbahwaPeranKepala Madrasah dalammeningkatkanManajemenLembagaPendidikan di MI Istiqomah Sambas KabupatenPurbalinggadirealisasikandalambentukkegiatankaitannyadenganketercapaian program sertakebijakan madrasah. Dalammeningkatkanmanajemenlembagapendidikan di MI Istiqomah Sambas KabupatenPurbalingga, dilakukan 4 tahapsesuaidengankonsep“PDCA” yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), check (pengecekan), dan act (penindaklanjutan).