Daftar Isi:
  • Penelitian ini meneliti tentang Efektivitas Tata Kelola Kearsipan Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Guru di MI Ma’arif NU Bajong Bukateja Purbalingga. Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang sering terjadi dilapangan bahwa efektivitas tata kelola kearsipan disekolah pada umumnya belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Maka dari itu dibutuhkan sistem tata kelola yang baik terutama dalam sistem penyimpanan dokumen-dokumen atau arsip. Melalui penerapan tata kelola kearsipan yang baik maka secara tidak langsung dapat meningkatkan mutu pelayanan administrasi guru di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana efektivitas tata kelola kearsipan sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan administrasi guru di MI Ma’arif NU Bajong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang maenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam (in-depth Interviews) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian penulis menunjukan bahwa pelaksanaan efektivitas tata kelola kearsipan yang dilakukan bagian administrasi kearsipan dalam mengelola dokumen-dokumen dan arsip penting sekolah melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Kegiatan perencanaan kearsipan meliputi: perencanaan ruangan, peralatan penyimpanan, perlengkapan penyimpanan, dan sistem penyimpanan. Kegiatan pengorganisasian kearsipan meliputi: pembagian tugas dan tanggungjawab pengelolaan arsip, serta penggunaan azaz penyimpanan arsip. Kegiatan pelaksanaan kearsipan meliputi: prosedur permulaan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, peminjaman arsip, dan prosedur penyusutan arsip. Kegiatan pengawasan kearsipan, melalui monitoring oleh kepala sekolah. Mutu pelayanan administrasi guru dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip pelayanan dan standar pelayanan