PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI TAMBAKSARI KEMBARAN
Main Author: | NIA ADIL MAHRIFATUN, 13233030008 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4623/1/COVER%20_BAB%20I%20_BAB%20V%20_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4623/2/PENGARUH%20PENGELOLAAN%20KELAS%20TERHADAP%20MOTIFASI%20BELAJAR%20SISWA%20DI%20NEGERI%20TAMBAKSARI%20KEMBARAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4623/ |
Daftar Isi:
- Pengelolaankelaspentingkarenadapatmembuatsiswanyamandanbetahdalam proses kegiatanbelajar. Sehinggadiharapkanmenambahdanmeningkatkansemangatbelajarsiswa.Dalamkegiatanpengelolaankelas, menciptakankondisibelajar yang nyamandanmenyenangkan, menerapkan modelpembelajaran yang variatifsertamenjadi guru yang dapatmembangunkomunikasi yang baikdengansiswahalitudapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakanpenulisadalahpenelitianlapanganbersifatdeskriptiKuantitatif.ObjekpenelitianyaadalahpnegelolaanKelasdanmotivasibelajarsiswa di SD NegeriTambaksariKembaran.Sampeldalampenelitianiniadalahseluruhanggotapopulasisiswakelas V SD NegeriTambaksariKembaran yang berjumlah 52 responden.Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakantekniknon probabilitysampling.KemudiandigunakanmetodeSampling Jenuh, yaituteknikpenentuansampelbilasemuaangggotapopulasidigunakansebagaisampel.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanobservasi, angket, wawancaradandokumentasi.Sedangkanteknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi linear sederhana yang berfungsiuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhpengelolaankelasterhadapmotivasibelajarsiswa di SD NegeriTambaksariKembaran. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwaterdapatpengaruhsignifikanpengelolaankelasterhadapmotivasibelajarsiswa di SD NegeriTambaksariKembaran.Besarnyapengaruhtersebutdapatdilihatdaribesar R Square menunjukanbesarpengaruhdariVariabel X terhadapVariabel Y, yaitu 0, 152= 15,2%. Artinya, besaranpengaruhvariabelpengelolaankelasterhadapmotivasibelajarsiswaadalahsebesar 15,2% sedangkansisanya 84,8% dipengaruhiolehfaktor lain. Dari persamaanregresijugadiperlihatkanbesarnya Y= 28,827 + 0,370X. Koefisien b dinamakankoefisienarahregresidanmenyatakanperubahan rata-rata variabel Y untuksetiapperubahanvariabel X sebesarsatusatuan.Perubahaninimerupakanpertambahanbila b bertandapositifdanpenurunanbila b bertandapositif..Persamaantersebutmenunjukanbila b bertandapositif yang artinyaapabilapengelolaankelas (X) meningkat 1 makaMotivasiBelajarSiswa (Y) akanbertambah 0,370.